Pengertian dan Cara Kerja Web Crawler

Pengertian dan Cara Kerja Web Crawler

Halo Juragan. Kali ini Juraganonline akan megulas artikel mengenai Pengertian dan Cara Kerja Web Crawler. Mesin pencari merupakan suatu alat yang dapat menyajikan berbagai informasi apapun yang Anda butuhkan secara mudah dan cepat. Namun hal tersebut tidak terlepas dari peran suatu tool yaitu Web Crawler. Web crawler ini berfungsi untuk menjadikan mesin pencarian bekerja dengan baik dan tanpa kendala. Jika Anda ingin mengetahui informasi lebih detail mengenai web crawler, berikut ulasan selengkapnya dibawah ini.

Pengertian

Web crawler atau yang umum disebut dengan spiders merupakan suatu tool yang berfungsi untuk melakukan indeks dan mengunduh konten dari internet, dan kemudian disimpan ke dalam database mesin pencarian melakukan indeks dan mengunduh konten dari internet, dan kemudian disimpan ke dalam database mesin pencari. Hal ini memungkinkan mesin pencarian untuk langsung menampilkan hasil yang relevan dari database ketika ada pengguna yang sedang mencari suatu informasi

Cara Kerja Web Crawler

Dari waktu ke waktu perkembangan dan perubahan internet selalu memunculkan berbagai hal yang baru. Perkebangan ini lah yang memunculkan berbagai website yang juga menyajikan berbagai informasi yang mungkin dibutuhkan oleh para pengguna. Karena semakin banyaknya website yang tumbuh di internet, maka sulit untuk mengetahui jumlah pasti website dan lama yang tersebar.

Pada saai inilah web crawler mulai melakuakan fungsinya untuk melakukan indeks dan mengunduh konten dari internet, dan kemudian disimpan ke dalam database mesin pencarian melakukan indeks dan mengunduh konten dari internet, dan kemudian disimpan ke dalam database mesin pencari berdasarkan daftar link halaman yang sudah ia kenal sebelumnya dari sitemap suatu website.

Web crawaler akan menemukan link-link lain yang juga tersebar didalam daftar link sitemap tersebut. Setelah itu, ia akan melakukan crawling ke link-link yang baru saja ditemukan itu. Proses ini akan terulang lagi di link selanjutnya dan dapat berjalan tanpa henti.

Namun, web crawler ini bekerja dengan aturan-aturan tertentu. Aturan-aturan tersebut harus tetap dipatuhi, sehingga tool ini dapat lebih selektif dalam melakukan proses crawling. Secara umum  terdapat tiga hal yang harus dijadikan pertimbangan dalam pelakukan proses crawling. Ketiga pertimbangan tersebut adalah:

1. Prioritas dan Relevansi Suatu Website

Dengan pertimbangan ini web crawler akan menentukan halaman atau website yang perlu dilakukan proses crawling. Pertimbangan ini berdasar pada jumlah pengunjung laman dan juga jumlah backlink dari laman lain yang dipasang pada laman tersebut.

Hal ini berarti ketika suatu laman banyak muncul di halaman lain serta menperoleh banyak pengunjung, halaman tersebut akan dideteksi sebagai halaman yang penting. Suatu halaman penting ini secara umum berisi informasi atau konten yang sangat bermafaat dan dibutuhkan oleh banyak pengguna. Hal ini mengakibatkan mesin pencarian memasukan lama tersebut kedalam indeks agar para pengunjung dapat lebih mudah dalam melakukan akses terhadap laman tersebut.

Baca Juga: Jenis-Jenis Hosting Yang Perlu Diketahui

2. Kunjungan Rutin

Kebanyakan konten yang tersebar di internet selalu berganti tiap waktu. Perubahan tersebut dapat dipengaruhi oleh update berupa memindahkannya ke tempat lain, atau bahkan menghapusnya. Oleh karena ini web crawler harus mengunjungi berbagai halaman secara rutin guna memastikan versi terbaru dari halaman website tersebut terindeks dalam mesin pencarian. Terlebih lagi bila halaman tersebut merupakan halaman yang sangat penting dan mempunyai banyak visitor, maka web crawler akan semakin sering melakuakan kunjungan secara berkala pada laman website tersebut.

Baca Juga: 5 Cara Memperoleh Backlink Berkualitas

3. Menuruti Keinginan Robots.txt

Selain kedua hal diatas, terdapat satu lagi pertimbangan yang sangat penting diperhatikan oleh web crawler. Web crawler akan melakukan proses crawling dengan mempertimbangkan perintah dari robot.txt. Sebelum proses crawling ke suatu website berjalan, web crawler akan melakukan pengecekan robots.txt dari website itu terlebih dahulu. Robots.txt adalah file di suatu website yang berisi informasi yang memuat halaman yang boleh untuk dilakukan indeks dan halaman yang tidak boleh dilakukan indeks.

Baca Juga: 3 Cara Menarik Hati Milenial

Kesimpulan

Demikian ulasan kami mengenai Pengertian dan Cara Kerja Web Crawler. Web crawler merupakan tool yang sangat bermanfaat dan berjalan pada background secara tanpa henti. Guna menjadikan website Anda dapat terindeks dengan baik maka perlu dilakukan optimasi website melalui SEO. Semoga artikel ini dapat membantu Anda dalam memahami Pengertian dan Cara Kerja Web Crawler dan sampai jumpa lagi dalam artikel Juraganonline selanjutnya.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of