8 Strategi Online Marketing Untuk Pemula

8 Strategi Online Marketing Untuk Pemula

Online marketing atau pemasaran online adalah segala aktivitas atau usaha pemasaran produk atau jasa melalui atau menggunakan media internet. Banyak orang menggunakan online marketing sebagai strategi untuk memperkenalkan nama mereka kepada publik. Dalam menggunakan online marketing, suatu perusahaan bisa membangun reputasinya dengan menjadi aktif di media sosial.

Dengan memanfaatkan medium internet, sebuah perusahaan bisa memperkenalkan nama mereka kepada publik dan mendorong calon konsumen untuk mencari informasi lebih lanjut tentang perusahaan tersebut. Ada berbagai strategi yang bisa dilakukan dalam online marketing. Berikut Juraganonline telah merangkum 8 strategi  online marketing bagi pemula.

1. Fokus Terhadap Konsumen

Strategi Online Marketing

Konsumen harus selalu menjadi prioritas. Pahamilah hal yang diinginkan konsumen. Mulailah dengan riset seputar bagaimana konsumenmu pertama menemukan brand milik Anda dan bagaimana pengalaman mereka dengan brand Anda. Selain itu, kamu juga bisa membuat buyer persona. Buyer persona adalah karakter yang menjadi konsumer ideal bagi produk Anda. Cara yang dapat dilakukan untuk menciptakan Buyer Pesona adalah melakukan riset kepada konsumen mengenai status demografinya seperti umur, pendidikan, bidang pekerjaan, dan sebagainya, serta apa yang mereka ingin dan butuhkan dari produk yang kamu tawarkan. 

2. Mengikuti Conversion Funnel

Diagram ini adalah salah satu konsep penting dalam online marketing. Bentuk funnel sendiri bisa berbeda-beda, tergantung pada kebutuhan. Conversion funnel memiliki bentuk yang berbeda-beda, tergantung pada keperluan sebuah perusahaan. Salah satu contoh dari conversion funnel adalah diagram di bawah ini:

Strategi Online Marketing

Awareness

Pada tahap awal, konsumen menyadari atau mengetahui adanya suatu jenis produk barang atau jasa.

Consideration

Di tahap ini, konsumen menunjukkan ketertarikan kepada produk yang tawarkan dan mulai berpikir untuk membelinya.

Conversion

Ini merupakan tahap yang penting di mana konsumen yang tadinya hanyalah calon konsumen atau potential consumer akhirnya membeli produk, menjadikan mereka sebagai konsumenmu. Ini bisa dilakukan dengan memberi informasi kepada mereka agar mengenal produk lebih dalam.

Loyalty

Di tahap ini, konsumen diharapkan menjadi pelanggan setia dari bisnismu.

Advocacy

Pada tahap ini, konsumen diharapkan memberi tahu orang lain mengenai produk yang kamu tawarkan sehingga semakin banyak orang yang tertarik untuk membeli darimu.

3. Gunakan content marketing untuk berhubungan dengan konsumen

Strategi Online Marketing

Content marketing berperan besar dalam membangun hubungan dengan konsumen dan calon konsumen. Content marketing juga berperan dalam meningkatkan brand awareness bisnismu agar orang-orang mengetahui keberadaan bisnismu. Content marketing yang baik harus dimulai dengan sebuah konsep cerita yang menarik bagi konsumen. Content marketing dapat berupa tulisan maupun video. Infografik membantu membahas sebuah topik yang kompleks secara simpel sehingga mudah dimengerti. Konten-konten tersebut juga dapat meningkatkan brand awarness. 

4. Gunakan email marketing untuk berhubungan langsung secara lebih personal dengan konsumen

Strategi Online Marketing

Email marketing adalah cara lain untuk berkomunikasi secara langsung dengan audiens dan konsumen. Kamu bisa memanfaatkan strategi content marketing yang disebutkan di atas untuk mengundang orang-orang ke website Anda dan membuat mereka tertarik untuk berlangganan email dari website Anda. Perhatikan pula konten, relevansi, dan kepentingan email tersebut dalam menggunakan email sebagai strategi marketing. Selain itu Anda juga harus memastikan bahwa subjek emailmu menarik sehingga penerima akan lebih tertarik untuk membuka email tersebut.

Gunakanlah marketing automation agar mempermudah Anda dalam mengirim email. Marketing automation adalah software yang digunakan untuk mempermudah kegiatan pemasaran di berbagai platform online seperti email, media sosial, serta website. Email marketing memberikanmu kesempatan untuk fokus pada pengalaman konsumen dengan brand Anda.

5. Gunakan affiliate marketing

Strategi Online Marketing

Affiliate marketing merupakan proses pemasaran internet di mana seseorang menjual produk milik orang lain. Yakinkan orang-orang bahwa proses untuk bergabung dalam program ini tidak rumit. Hal ini dilakuakan agar orang-orang mau bergabung dengan program affiliates Anda. Jika terjadi penjualan, maka seorang affiliate marketer akan mendapatkan komisi yang besarnya ditentukan oleh pemilik produk.

6. Social media marketing

Strategi Online Marketing

Diperlukan strategi untuk memasarkan bisnis dengan menggunakan media sosial. Hal pertama yang harus dilakukan adalah melihat ketertarikan konsumen idealmu terhadap sesuatu di media sosial. Untuk social media marketing, kamu boleh menggunakan analytic tools untuk membantumu memantau statistik media sosial yang kamu gunakan.

Hal penting yang harus diperhatikan adalah manfaatkan visual di media sosial.  Kebanyakan orang menggunakan social media untuk terhubung dengan teman-temannya, mencari photo, dan mencari hal-hal entertaining lainnya. Integrasikan social media Anda dengan konten yang lain seperti blog ataupun video.

Baca juga: 3 Cara Jitu Memahami Follower Instagram Untuk Bisnis Anda

7. Gunakan pay-per-click marketing

Strategi Online Marketing

Pay-per-click (PPC) marketing adalah mekanisme ketika Anda membayar setiap kali iklan Anda yang muncul di mesin pencari diklik oleh pengguna. Untuk menjalankan PPC, kamu harus melakukan riset dan memilih keyword yang tepat. Ada baiknya kamu lakukan percobaan dengan mengeluarkan uang dalam jumlah kecil sebelum mulai memberikan budget lebih besar untuk melakukan strategi ini.

8. Implementasi SEO 

Strategi Online Marketing

Dalam online marketing, pastikan bahwa SEO dan user experience-mu selaras. Pada dasarnya user experience berpengaruh besar pada SEO. Saat ini, user experience merupakan faktor yang membantu search engine untuk menentukan apakah website-mu akan muncul di halaman pertama atau tidak. Pastikan bahwa pengunjung tidak akan mengalami masalah saat mengunjungi website Anda.

Baca Juga: 7 Alasan Mengapa SEO Masih Penting Dalam Membangun Website

Kesimpulan

Content marketing merupakan bagian besar dari SEO. Jangan lupa untuk membuat konten yang menarik, dalam berbagai jenis content marketing seperti yang sudah disebutkan di atas. Jangan lupa juga untuk tetap melakukan unggahan konten secara rutin. Demikian strategi online marketing dari Juraganonlie. Terimakasih dan selamat mencoba.

 

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of