5 Konsep Sales Funnel Dalam Memetakan Perjalanan Customer

5 Konsep Sales Funnel Dalam Memetakan Perjalanan Customer

Halo juragan. Berjumpa lagi dengan artikel Juraganonline kali ini. Kali ini kami akan membahas mengenai 5 Konsep Sales Funnel Dalam Memetakan Perjalanan Customer. Langkah pertama untuk membangun Sales Funnel adalah dengan memahami proses pengambilan keputusan yang dilakukan oleh customer Anda. Proses ini disebut sebagai “customer journey”.

Baca Juga: Pengertian Sales Funnel dan Manfaatnya dalam Bisnis Online

Sales Funnel tersusun atas tahap yang bertujuan untuk menggambarkan bagaimana langkah-langkah pengambilan keputusan utama dalam perjalanan pelanggan untuk melakukan pembelian atau bertransaksi. Berikut, kami menjelaskan dengan mendetail masing-masing tahapan dalam 5 tahap klasik:

Cara Mudah Membuat Sales Funnel

1. Awareness

Dalam tahap ini, customer Anda telah menyadari mereka memiliki masalah yang harus diselesaikan. Selanjutnya para customers melihat iklan Anda yang menyediakan pemecahan masalah mereka. Iklan merupakan salah satu metode yang dapat digunakan untuk menyadarkan konsumen akan produk yang Anda tawarkan.

Baca Juga: 5 Cara Memetakan Proses Penjualan Sesuai Tahapan Perjalanan Customer

2. Discovery

Dalam tahapan kedua, customer Anda sadar mengenai solusi untuk masalah mereka. Selanjutnya mereka akan mencari informasi tentang detil produk Anda.Salah satu cara paling gampang yang dilakukan oleh customer Anda untuk memperoleh informasi detil mengenai produk Anda adalah memalui Website.

Buatlah website Anda seinformatif dan semenarik mungkin. Apabila mereka mulai memahami tentang solusi yang Anda berikan, maka mereka akan mempertimbangkan produk Anda sebagai salah satu pemecahan masalah yang sangat potensial.

Baca Juga: 6 Strategi Pemasaran Makanan Moderen

3. Evaluation

Dalam tahap ketiga ini, customer akan mengerucutkan pilihan solusi potensial untuk masalah mereka. Customer umumnya melakukan selksi berdasarkan banyak pertimbangan meliputi harga, gaya dan kualitas produk. Pada tahap ini, jumlah prospek pelanggan Anda menurun lebih jauh, namun peluang untuk menutup penjualan meningkat lebih jauh.

Baca Juga: 3 Tips Membuat Video Yang Dapat Menarik Konsumen

4. Intent

Pada tahapan keempat, customer Anda kemudian akan mempertimbangkan produk Anda secara serius. Customer Anda mulai memahami produk yang Anda tawarkan. Dengan demikian jumlah prospek pelanggan Anda menurun lebih jauh, namun peluang untuk menutup penjualan meningkat lebih jauh.

Baca Juga: 5 Manfaat Content Marketing Dalam Bisnis

5. Purchase

Pada tahap terakhir ini, pelanggan sudah menentukan untuk membeli produk yang mereka butuhkan dan mereka mempersiapka untuk melakukan pembelian. Pada tahap ini mungkin customer Anda akan melakukan negosiasi harga dan promo yang terhadap pada produk Anda. Pada tahap ini, Anda memiliki jumlah pelanggan potensial terkecil yang tersisa, namun sudah hampir pasti menutup penjualan.

Kesimpulan

Berikut tadi artikel kami mengenai 5 Konsep Sales Funnel Dalam Memetakan Perjalanan Customer. Pada setiap proses sales funnel, prospek pelanggan akan mengalami penurunan, namun peluang untuk melakukan penjualan dan transaksi semakin besar. Semoga artikel ini dapat membantu Anda dalam membuat sales funnel yang baik. Selamat mencoba !

2.5 2 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x