5 Cara Memetakan Proses Penjualan Sesuai Tahapan Perjalanan Customer

5 Cara Memetakan Proses Penjualan Sesuai Tahapan Perjalanan Customer

Halo juragan. Kali ini Juraganonline akan mengulas artikel mengenai 5 Cara Memetakan Proses Penjualan Sesuai Tahapan Perjalanan Customer. Setiap tahap proses penjualan perlu mencerminkan perjalanan pelanggan. Hal ini karena proses penjualan Anda tidak akan berjalan dengan baik jika Anda tidak mengenali dan merespon setiap kebutuhan pelanggan Anda.

Kali ini kami akan menjelaskan secara detil bagaimana Anda dapat menyiapkan proses penjualan untuk mengarahkan lebih banyak pelanggan yang menyelesaikan pembelian dan bertransaksi. Namun Anda akan dapat memahami dan menerapkan ulasan kami ini setelah membaca dan memahami 5 Konsep Sales Funnel Dalam Memetakan Perjalanan Customer untuk Anda melihat proses perjalanan pelanggan Anda. Baiklah ini dia penjelasan selengkapnya

1. Prospek

Pelanggan masa depan Anda menyadari merek Anda, tapi mereka tidak terlalu tahu tentang Anda pada tahap ini. Mengkomunikasikan manfaat merek Anda atas solusi lain adalah jenis dukungan yang akan berarti bagi pelanggan pada tahap ini. Penjual dapat mengkomunikasikan prospek ini melalui panggilan langsung atau networking di acara-acara sosial. Pemasaran mungkin terjadi dengan menjangkau pelanggan lewat kampanye pemasaran online.

Baca Juga: 6 Strategi Pemasaran Makanan Moderen

2. Kualifikasi

Pada tahap ini, Anda telah menunjuk pelanggan yang benar-benar memiliki minat pada produk Anda dan kemampuan untuk membayarnya. Pelanggan kemungkinan akan menyelesaikan sendiri proses kualifikasi secara online, atau telah berbicara dengan seseorang di tim sales Anda yang telah memenuhi syarat. Anda sekarang harus memiliki informasi dasar yang tersimpan dalam CRM Anda, termasuk nama, jabatan, nomor telepon, alamat email, minat, otoritas anggaran dan skala waktu untuk membeli.

Baca Juga: Apa itu CRM dan Manfaatnya Dalam Bisnis

3. Demonstrasi 

Pada tahap ini, pelanggan mengeksplorasi solusi Anda membandinkannya dengan solusi yang ditawarkan oleh kompetitor Anda secara lebih mendalam. Proses ini dapat terjadi setelah Anda memberikan calon pelanggan informasi lengkap, proposal tertulis, atau pun dengan melakukan demonstrasi produk Anda.

Baca Juga: 5 Manfaat Content Marketing Dalam Bisnis

4. Negosiasi

Pada tahap ini, pelanggan telah memutuskan bahwa Anda mungkin bisa memberikan solusi terbaik untuk masalah mereka, jadi mereka mungkin akan mengajukan pertanyaan soal harga. Hal ini mungkin akan menghasilkan diskusi dengan tim sales Anda untuk menegosiasikan harga dan persyaratan penjualan lainnya.

Baca Juga: Cara Meningkatkan Kecepatan Website Bagi Bisnis Anda

5. Penutupan Menang/Kalah 

Pada tahap ini, kesepakatan telah dimenangkan dan transaksi berlangsung. Tujuan hubungan dengan pelanggan sekarang berubah dari bagaimana untuk mendapatkan pelanggan baru menjadi bagaimana mempertahankan pelanggan yang telah Anda menangkan kemudian bagaimana memenangkan rujukan pelanggan baru lebih lanjut.

Baca Juga: Fakta Mengenai Website Wajib Anda Ketahui

Kesimpulan

Berikut ulasan kami mengenai 5 Cara Memetakan Proses Penjualan Sesuai Tahapan Perjalanan Customer. Proses pemetaan ini dapat dipahami secara jelas ketika Anda telah memahami konsep-konsep Sales Funnel terlebih dahulu. Semoga artikel ini dapat membantu Anda. Sampai jumpa lagi dalam artikel kami selanjutnya.

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x