3 Tipe Segmentasi Pasar Yang Perlu Anda Ketahui

3 Tipe Segmentasi Pasar Yang Perlu Anda Ketahui

Halo Juragan !. Kali ini Juraganonline akan membahas mengenai 3 Tipe Segmentasi Pasar Yang Perlu Anda Ketahui. Dalam praktiknya, segmentasi pasar dibagi ke dalam tiga tipe. Ketiga tipe tersebut adalah segmentasi yang berdasarkan lokasi, waktu, maupun segmentasi yang didasarkan pada segi harga. Berikut penjelasan selengkapnya mengenai ketiga tipe segmentasi pasar yang harus Anda ketahui.

1. Segmentasi lokasi

Tipe segmentasi yang pertama adalah segmentasi lokasi. Tipe segmentasi ini merupakan tipe yang paling banyak dijadikan tolak ukur dalam suatu bisnis. Sebagai contoh perusahaan elektronik memandang Indonesia sebagai target lokasi yang sangat menguntungkan. Penentuan ini haruslah didasari dengan melakukan riset terlebih dahulu.

Sebagai contoh alasan utamanya adalah Indonesia merupakan negara yang cukup besar dari segi pengguna barang elektronik dari tahun ke tahun. Hal tersebut memicu perusahaan tersebut memilih Indonesia dengan tujuan meningkatkan penjualan dan keuntungan perusahaan.

Baca Juga: Pengertian Sales Funnel dan Manfaatnya dalam Bisnis Online

2. Segmentasi harga

Tipe segmentasi pasar yang kedua adalah segmentasi harga. Tipe segmentasi ini sering digunakan sebagai acuan dalam pemasaran. Implementasi segmentasi harga dapat membuat Anda lebih mudah dalam melirik calon konsumen. Sebagai contoh, terdapat konsumen yang membeli produk dengan harga yang tinggi dan terdapat juga konsumen yang membeli produk dengan harga yang rendah.

Melalui aspek demografi ini Anda dapat mengetahui seberapa banyak konsumen yang membeli produk dengan harga tertentu. Dengan demikian, Anda dapat terjun kedalam pasar berdasarkan harga dan daya beli konsumennya.

Baca Juga: 5 Manfaat Membangun Brand saat Berbisnis

3. Segmentasi waktu

Tipe segmentasi ketiga adalah tipe segmentasi waktu. Walaupun tipe segmentasi ini juga merupakan tipe yang penting, namun  tipe ini jarang digunakan oleh beberapa pengusaha. Tipe segmentasi ini berfokus terhadap pemasaran sebuah produk pada suatu waktu tertentu saja. Hal yang menyebabkan tipe segmentasi ini jarang digunakan oleh para pengusaha adalah adanya kekurangan dalam tipe segementasi ini.

Pada satu waktu penjualan akan naik secara drastis namun pada waktu yang lain penjualan akan menurun. Misalnya, perusahaan tekstis penjualannya akan meningkat ketika memasuki perayaan besar seperti hari raya dan juga tahun ajaran baru dimana permintaan kain untuk seragam meningkat. Namun, di luar waktu tersebut penjualan akan berjalan stagnan dan bahkan dapat terjadi penurunan dikarenakan permintaan pasar yang turun.

Baca Juga: 5 Cara Membuat Website Yang Dapat Menarik Banyak Konsumen

Kesimpulan

Berikut tadi adalah ulasan kami mengenai 3 Tipe Segmentasi Pasar Yang Perlu Anda Ketahui. Sesuaikanlah tipe segmentasi tersebut dengan bisnis Anda. Pertimbangkan juga berbagai keunggunlan dan kekurangan yang dimiliki oleh ketiga tipe segmentai pasar tersebut. Selamat mencoba !.

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x