3 Cara Membuat Slider Otomatis di WordPress

3 Cara Membuat Slider Otomatis di WordPress

Halo Juragan. Kali ini Juraganonline akan mengulas artikel mengenai 3 Cara Membuat Slider Otomatis di WordPress. WordPress sendiri tidak menyediakan fitur slider secara default, namun mengguakan plugin tertentu, Anda dapat membuat slider pada WordPress Anda.

Terdapat berbagai pilihan plugin yang dapat Anda install dalam WordPress Anda. Salah satu plugin yang dapat Anda gunakan dalam menciptakan slider adalah Master Slider. Plugin ini menyediakan beragam tipe slider yang dapat Anda pilih dan sesuaikan. Plugin ini juga memiliki kelebihan yaitu mudah untuk dipasang dan juga digunakan. Nah, bagaimanakah cara menciptakan slide di wordpress Anda ?. Berikut ulasan selengkapnya.

1. Membuat Slider Baru

3 Cara Membuat Slider Otomatis di WordPress

Langkah pertama yang Anda harus lakukan adalah menginstall plugin Master Slide ke WordPress Anda melalui dashboard yang tersedia.  Anda dapat mengaksesnya melalui klik Dashboard > Plugin > Add New. Setelah plugin ini terinstall jangan lupa untuk mengaktifkan plugin tersebut.

Setelah pligin terpasang dan aktif, Anda dapat mengakses plugin tersebut dan melakukan klik pada tomboltombol Create New Slider untuk menambahkan slider baru ke dalam website Anda. Selanjutnya Anda dapat memilih tipe slider yang hendak Anda pasang. Setidaknya terdapat delapan pilihan slider yang dapat Anda pilih sesuai kebutuhan Anda.

Setelah memilih tipe slide, Anda dapat memilih dan menambahkan gambar pada slide tersebut. Anda juga dapat mengupload gambar yang Sesuai dengan bisnis Anda. Setelah gambar diupload, jangan terburu buru menutup menu tersebut. Lakukanlah beberapa konfigurasi tambahan terlebih dahulu.

2. Mengkonfigurasi Slider WordPress

3 Cara Membuat Slider Otomatis di WordPress

Pilihan pengaturan pertama adalah Background. Di bagian background Anda dapat mengkonfigurasi gambar background, teks, warna, dan fillmode untuk setiap slider. Selain itu, Anda dapat memilih Thumbnail dari background yang Anda tambahkan. Selanjutnya Anda dapat menambahkan pula Video and Link sehingga dapat lebih menarik dan mudah dipahami.

Anda bisa menambahkan informasi detil yang berkaitan dengan slide menggunakan Slide Info. Informasi yang Anda tambahkan di sini akan muncul  di dalam slider ketika pengunjung menjangkau slide yang spesifik. Perlu menjadi catatan bahwa ini relatif terhadap template slide yang Anda pilih.Setelah Anda selesai memasukkan beberapa pengaturan tambahan, ini berarti Anda sudah selesai menyelesaikan pengaturan slider untuk website.

Anda juga dapat melakukan berbagai konfigurasi lain seperti ukuran slide, menambahkan effect pada slide Anda, mengatur tipe kontrol slide, dan juga mengatur transisi slide Anda. Setelah semua pengaturan lengkap, pastikan Anda menyimpan slide Anda dengan melakukan klik Save Changes.

3. Menampilkan Slider 

Hal terakhir yang harus Anda lakukan adalah menambahkan slider ke dalam halaman atau postingan Anda. Setelah slide Anda selesai dibuat maka akan muncul pada daftar slider. Masing-masing daftar memiliki kode pendek (Shortcode) pada bagian samping.

Langkah berikutnya adalah menyalin shortcode tersebut dan menambahkannnya ke dalam laman postingan Anda. Anda dapat melihat shortcode dengan membuka Tab Master Slider yang ada di dashboard WordPress. Anda dapat menyalin shortcode slider yang hendak Anda tambahkan kemudian buka editor halaman atau postingan, dan tempelkan shortcode di mana saja untuk memunculkan slider di WordPress.

Setelah memasan slider pada laman Anda, jangan lupa untuk melakukan klik tombol Update guna menerapkan perubahan yang Anda lakukan. Plugin ini tidak membatasi jumlah slide yang dapat Anda buat. Plugin ini juga dapat digunakan untuk menghapus slider yang telah tidak digunakan.

Kesimpulan

Demikian ulasan kami mengenai 3 Cara Membuat Slider Otomatis di WordPress. Walaupun pembuatan slider di WordPress bisa dikerjakan secara manual, namun penggunaan plugin akan membuat pemasangan slider menjadi lebih mudah dan cepat. Anda hanya perlu melakukan instalasi serta melakuakn aktivasi plugin. Proses konfigurasi yang disajukan juga sangat mudah dimengerti berkat bantuan interface yang sederhana.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of